PD

Posted: April 13, 2011 in Uncategorized
Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax) yang dapat dimengerti komputer yang berguna didalam penyelesaian masalah.

Bahasa Pemrograman : DELPHI, C++, C#, Java, PHP.

Paradigma Pemrograman

1. Paradigma=Sudut Pandang Tertentu.
2. Bagaimana cara pandang kita terhadap penyelesaian masalah pemrograman.
3. Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berfikir kita.
4. Hanya mengarahkan kita terhadap beberapa atribut dan membuat kita megabaikan atribut yang lain.
5. Tidak boleh fanatisme terhadap sebuah paradigma, mempersempit wawasan.
6. Dalam pemrograman ada beberapa paradigma, masing-masing mempunyai strategi analisis pemecahan tersendiri.
7. Suatu persoalan dapat dipecahkan menggunakan sebuah paradigma, sedangkan  beberapa jenis persoalan tidak dapat
dipecahkan hanya dengan menggunakan sebuah paradigma.
8. Program harus dihasilkan dari proses pemahaman permasalahan, analisis, sintesis dan dituangkan menjadi kode secara
sistematis dan metodologis.
Paradigma Prosedural atau imperatif
* Program dalam paradigma ini didasari pada strukturasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang
disimpan tersebut.
* memandang penyelesaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang menyelesaikan sub masalah.
*Kata Kunci :

Program = Algoritma + Struktur Data

* Sangat tidak “manusiawi” dan tidak “alamiah”, berpikir dlm batasan mesin (komputer)
* Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang
dikerjakan secara berurutan.
* Keuntungan = efisiensi eksekusi, karena dekat dengan mesin.
Paradigma Fungsional
* Didasari oleh konsep pemetaan dan fungsi pada matematika. Fungsi dapat berbentuk sebagai fungsi “primitif”, atau
komposisi dari fungsi-fungsi lain yang telah terdefinisi.
* Fungsi merupakan dasar utama program.
* Pemrogram tidak perlu lagi mengetahui bagaimana mesin mengeksekusi atau bagaimana informasi disimpan dalam memori.
* Memandang penyelesaian masalah sebagai komposisi dan aplikasi fungsi yang memetakan masalah ke jawaban
Paradigma Deklaratif, predikatif atau lojik
* memandang penyelesaian masalah sebagai hasil inferensi terhadap fakta dan aturan yang diberikan.
* Sebuah program lojik adalah kumpulan aksioma (fakta dan aturan).
* Pemrogram menguraikan sekumpulan fakta dan aturan-aturan.
* Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi
algoritma.
* bahwa menyatakan setiap langkah program bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah hanya menyatakan apa
yang perlu dilakukan, tanpa perlu menjelaskan langkah-langkahnya
Paradigma Berorientasi Objek (Object Oriented)
* Didasari oleh objek. Sebuah objek mempunyai atribut (kumpulan sifat), dan mempunyai kelakuan (kumpulan reaksi, metoda)
* Paradigma ini menawarkan konsep class, generic, inheritance, polymorphism
* memandang penyelesaian masalah sebagai hasil interaksi dari kelas yang membentuk objek (objek dalam konsep ini
merupakan representasi objek di dunia nyata).

Selain keempat paradigma di atas, masih ada paradigma yang lain, misal :

1.Paradigma konkuren, hubungannya dengan arsitektur perangkat keras.
2.Paradigma relasional, yang didasari entity dan relasi, dan pemrograman dalam bahasa Query yang memungkinkan diperolehnya suatu himpunan nilai.
Tipe Data
◦ Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer    untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.
◦ Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer)
◦ Ada banyak tipe data yang tersedia tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai.  Namun secara umum dapat dikelompokkan seperti berikut.
Tipe data Boolean digunakan untuk menyimpan nilai True/False (Benar/Salah)
Tipe data Array
◦ tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana.  Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel
Tipe data Record atau Struct
◦ tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen)
Tipe data Image
◦ Image atau gambar atau citra merupakan tipe data grafik

compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

Interpreter Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.

Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.

linker Adalah Program yang digunakan untuk menggabungkan beberapa program sehingga bisa saling terhubung dalam menjalankan suatu proses yang sudah dibuat oleh programmer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s